Cara Mudah Ternak Lovebird Bagi Pemula

Cara Mudah Ternak Lovebird Bagi Pemula. Lovebird merupakan salah satu burung yang menjadi Primadona di negara Indonesia.  Bagi anda semua yang memiliki keinginan untuk memulai usaha ternak burung ini, maka ada beberapa tips yang perlu Anda semua perhatikan. Selain burung lovebird ada juga beberapa burung lainnya yang memiliki kicauan tidak kalah indah dengan lovebird, dan burung-burung dengan kicauan merdu lainnya adalah kenari, murai batu, kacer, dan masih banyak lagi. Sebelum memulai bertenak anda semua harus tahu mengenai Burung apa yang lagi trend dan paling banyak dicari saat ini.

Cara Mudah Ternak Lovebird Bagi Pemula


Cara ternak lovebird


Kali ini saya akan memberikan salah satu tips tentang cara berternak burung love bird yang belakangan ini sangat digemari oleh pecinta burung kicau. Burung ini populer tidak hanya di kota-kota besar, namun pedesaan juga banyak yang memeliharanya. maka dari itu, Tidak ada salahnya jika memulai usaha ternak burung lovebird.

Ternak lovebird dapat dibilang gampang-gampang susah, namun bagi sobat semua yang setelah memiliki cukup pengalaman pasti sudah tahu bagaimana trik-triknya. Sehingga bisa dengan mudah mengatasi segala sesuatu yang terjadi pada burung lovebir itu sendiri. Untuk mengembangkan usaha ternak lovebird Apa salahnya jika sobat terus belajar dan mencari informasi lewat teman maupun internet.

Seorang peternak biasanya memiliki caranya sendiri dalam mengembangbiakkan burung lovebir ini. Pada umumnya lovebird berasal dari benua Afrika dan burung ini bersifat monogami, tetapi bisa juga di kembangbiakan secara poligami. Burung dengan kicau merdu ini memiliki suara yang begitu khas.

Ada beberapa faktor penting yang harus diketahui Seorang peternak burung untuk mendukung kesuksesan dalam mengembangbiakan burung tersebut. diantaranya adalah sebagai berikut.

Memilih jenis kelamin dari burung lovebird

Bagi seorang pemula tentunya akan sulit untuk membedakan yang mana betina dan juga jantan, bahkan Seorang peternak profesional juga akan sedikit kesulitan dalam menentukan atau melihat jenis kelamin dari burung lovebird ini. Akan tetapi, Sobat semua tidak usah khawatir karena Disini saya akan menjelaskan beberapa tips atau cara yang bisa kita gunakan untuk melihat dan mengetahui jenis kelamin dari burung lovebird ini dan berikut caranya.


  • Burung lovebird betina biasanya memiliki tulang punggung yang sedikit lebih lebar dibandingkan dengan jenis jantan.

  • Jenis betina pada umumnya memiliki ukuran tubuh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis jantan, dan kepala betina biasanya lebih kecil dibandingkan jantan.

  • Sobat juga bisa melihat perbedaan antara jantan dan juga betina disaat mereka lagi bertengger. Lovebird betina memiliki kaki sedikit lebih renggang jika dibandingkan dengan pejantan.

  • Tubuh dari jenis betina biasanya lebih berisi dan terlihat lebih bulat jika dibandingkan dengan pejantan.

  • Buat sobat semua jangan tertipu Oleh lovebird yang selalu Jalan berpasangan, karena terkadang love bird betina Jalan berpasangan dengan lovebird betina juga, Begitupun sebaliknya jantan kadang berjalan dengan lovebird jantan. Dengan kata lain banyak lovebird yang selalu berjalan berpasangan walaupun memiliki jenis sama.

  • Betina pada umumnya memiliki suara Kekek yang jauh lebih panjang dari jantan.

Memilih Usia Produktif

Seekor burung lovebird jantan pada umumnya sudah siap membuahi betina di usia 8 bulan, namun untuk betinanya usia idealnnya yaitu 1 tahun.


Menentukan Tujuan Breeding

Jika sobat ingin menghasilkan burung dengan warna yang bagus maka sebaiknya sobat mencoba mengawinkan di antara 1 pejantan dan beberapa jenis betina atau yang biasa disebut dengan sistem poligami begitu pula sebaliknya jika sebab ingin menghasilkan burung lovebird dengan suara yang bagus sebaiknya sobat memilih betina dengan suara yang bagus pula.

Sangkar Lovebird

Sobat bisa membuat atau merancang sebuah sangkar burung lovbird dengan ukuran sekitar 50x50x50 / 40x40x40 lalu jangan lupa untuk menyediakan tempat bertelurnya. sobat bisa membuatnya dari kotak yang berkurang 20x25 cm.

Sobat bisa mengisi sangkar burung lovebird dengan ranting-ranting, daun kering, rumput kering, bahkan sobekan kain, dan bisa pula ditambahkan dengan serbuk gergaji agar tidak memiliki bau yang menyengat, sebab Serbuk gergaji memiliki kegunaan untuk menyerap setiap kotoran maupun sesuatu yang lembab sehingga bisa menetralisir bau dari kotoran burung love bird. Burung jenis lovebird ini akan sering bertengger Oleh sebab itu, sobat tidak boleh lupa untuk menyediakan tempatnya bertengger. Sobat bisa membuatnya dari kayu ataupun ranting-ranting kering.

Mengawinkan Lovebird

Setelah sobat semua telah menentukan usia ideal jantan maupun betina yang telah siap kawin. Maka langkah selanjutnya adalah tempatkan Mereka dalam satu kandang yang sama. Pada umumnya mereka akan kawin pada antara 3 hingga 10 hari dan waktu untuk proses mengeram biasanya di antara 22 sampai 25 hari, dalam proses ini sebaiknya burung jangan diganggu.

Makanan Anakan Lovebird

Ada begitu banyak jenis makanan yang bisa sobat dapatkan di toko-toko pakan hewan ternak. Namun jika sobat semua kesulitan untuk menemukan makanan dari anakan lovebird, sebaiknya sobat memilih bubur instan seperti bubur bayi, Contohnya yaitu bubur SUN. Dan jangan lupa untuk memberikan vitamin agar menjaga kesehatan burung.

Demikianlah tadi Cara Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula. Jika sobat semua punya tips lain, Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Sekian dulu dari saya Terimakasih telah berkunjung

0 Response to "Cara Mudah Ternak Lovebird Bagi Pemula"

Catat Ulasan